Rabu, 01 Februari 2012

TAHU PONG Bearnard Tasikmalaya


cara membuat tahu bulat, resep tahu bulat
resep tahu bulat berawal dari kota tasikmalaya yang sekarang menjadi makanan khas daerah tersebut. Tahu bulat yaitu sejenis tahu yang bentuknya bulat seperti bola pingpong hanya tahu ini telah dicampuri dengan bumbu-bumbu dan bahan lainnya sehingga tahu ini memiliki rasa yang gurih dan enak, rata-rata tahu bulat Tasikmalaya ini memiliki rasa ikan yang khas sehingga bikin orang pada ketagihan.

Berawal dari sekitar tahun 2000-an tahu bulat ini berawal dari buah tangan salah satu industri rumahan yang kemudian di pasarkan hanya dilingkungan sekitar.
kemudian orang - orang mulai mengenal keberadaan makanan unik ini, yang akhirnya dari mulut ke mulut orang berbondong-bondong ingin mencicipinya, maka heboh lah sudah tahu bulat ini di kota tasikmalaya bahkan akhirnya merambah ke kota-kota lainnya.

Setelah berjalan beberapa tahun bisnis tahu bulat ini menjadi sorotan warga kota Tasik lainnya, yang akibatnya banyak bermunculan lah industri-industri rumahan baru sejalan dengan banyaknya permintaan yang terus melonjak dari luar kota.


Maka terbuka lah peluang usaha yang cukup menjanjikan, hanya dengan modal kecil saja setiap orang dapat menjalankan bisnis ini, karena tahu bulat ini pun bukan hanya dapat dijual matang di gerobak saja, tetapi bisa dipasarkan dalam keadaan mentah ke pasar-pasar dan dapat pula dimodifikasi lagi ke jenis makanan lain seperti dijadikan cemilan lezat yakni keripik tahu bulat.

nah berikkut ini adalah resep membuat tahu bulat agar anda dapat membuatanya sendiri.

Bahan Tahu Bulat :

* Tahu putih, 4 potong
* Minyak goreng, 1 liter

Bumbu Halus :

* Bawang putih, 3 siung
* Merica bubuk, 1 sendok teh
* Kaldu ayam bubuk, 1 sendok makan
* Garam, secukupnya
* Gula pasir, 1/4 sendok teh

Cara membuat Tahu Bulat :

1. Masukkan tahu dalam mangkuk yang agak besar, simpan dalam lemari pendingin ( bukan freezer ) selama semalam. Buang airnya jika muncul.
2. Tumbuk / remat-remat tahu hingga halus.
3. Tambahkan bumbu halus, aduk rata.
4. Bentuk bulat lonjong hingga adonan habis.
5. Panaskan minyak, goreng tahu selagi masih dingin hingga kuning kecokelatan. Angkat dan tiriskan. Sajikan hangat.

Untuk 10 buah Tahu Bulat

1 komentar: